Sabtu, 01 Juli 2017

PSIKOLOGI PENDIDIKAN: PEDAGOGI DAN ANDRAGOGI

Pedagodi atau pedagogos berasal dari kata “paid” yang artinya “anak” dan agogos “ yang artinya “memimpin atau membimbing”. Dari kata yang telah dipaparkan tersebt, dapatlah kita simpulkan bahwa pedagogi adalah suatu ilmu dan seni  dalam mengajar anak – anak. Dengan kata lain, pedagogi adalah model pembelajaran yang diperuntukkan untuk masa kanak-kanak.

Sedangkan  antoim dari pedagogi,  yaitu andragogi merupakan teori yang menjelaskan metode spesifik yang harus digunakan dalam pendidikan orang dewasa. Andragogi berlaku bagi segala bentuk pembelajaran orang dewasa dan telah digunakan secara luas dalam rancangan program pelatihan organisasi, khususnya untuk domain keterampilan lunak (soft skill). Seni mengajar orang dewasa berlaku disemua tempat, ketika peserta didik atau warga belajarnya menunjukkan tanda-tanda kedewasaan yang baik. Andragogi mensyaratkan bahwa pelajar dewasa terlibat dalam identifikasi kebutuhan belajar mereka dan perencanaan bagaimana kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa dipenuhi. Belajar bagi orang dewasa harus menjadi aktif, bukan proses pasif. Knowles (1984) memberikan contoh penerapan prinsip-prinsip andragogi dengan desain pelatihan seperti :

  • Ada kebutuhan untuk menjelaskan mengapa hal-hal tertentu yang diajarkan
  • Pengajaran harus beorientasi pada tugas yang bermakna, bukan menghafal
  • Pengajaran harus mempertimbangkan berbagai latar belakang peserta didik yang berbeda danbahan ajar
  • Pengajaran harus memungkinkan pembelajar menemukan hal-hal untuk diri mereka sendiri
  • Memberi bantuan dan bimbingan ketika ada kesalahan yang dibuat

Asumsi-asumsi Knowles mengenai pembelajaran orang dewasa :
a)      kebutuhan untuk tahu
b)      konsep diri
c)      peran pengalaman belajar
d)     kesiapan untuk belajar
e)      orientasi belajar



0 komentar:

Posting Komentar